Negara Beserta Faktanya


1.NEGARA TERBOROS

Inilah negara yang paling boros menghabiskan sumber daya alam (energi) melebihi kemampuan dalam negeri mereka sendiri untuk memenuhinya.

Qatar

Lho kok Qatar? Iya. Emisi karbon Qatar per kapita ternyata tertinggi di dunia dan bahkan sampai tiga kali lebih tinggi ketimbang Amerika Serikat. Menurut laporan Living Planet, acara televisi bikinan World Wildlife Fund (WWF) dan Global Footprint Network, antara lain menyebutkan, jika tiap manusia hidup seperti rata-rata orang Qatar, bumi membutuhkan sumber dayahampir lima kali lebih banyak dari yang dimilikinya.

Lebih lanjut, manusia konon menggunakan sumber daya 50 persen lebih dari yang mampu disediakan bumi tiap tahunnya. Dengan kata lain, manusia mengonsumsi energi 1,5 planet per tahun. Kalau terus berlanjut dan sejalan meningkatnya kebutuhan energi, menurut perkiraan, pada 2030 manusia akan menggunakan sumber daya yang setara dengan dua planet tiap tahunnya. 

Mengapa Qatar tertinggi dalam daftar konsumsi? Padahal kan minyak dipompa langsung dari pasir mereka sendiri dan itu tidak dihitung konsumsi negara (kecuali jika dipakai sendiri). Memang, tetapi kabarnya penggunaan energi untuk bangunan-bangunan pencakar tinggi di negara Timur Tengah itu sangat besar. Warga disediakan listrik dan air gratis, yang menurut Fred Pearce, penulis di The Guardian, karena air di Timur Tengah mayoritas diproduksi dari air laut melalui proses yang disebut desalinasi, sebuah aktivitas yang memerlukan energi sangat besar.

Permintaan energi dunia meningkat sebesar 7 persen per tahun hanya untuk menjalankan proses penyulingan air asin menjadi air tawar tersebut termasuk AC. Semua itu didanai dari penjualan minyak bumi.
 


2.Negara Dengan Pendapatan Perkapita Tertinggi
Qatar
Negara Arab ini berhasil mencapai pendapatan per kapita USD88.222 atau sekira Rp805,9 juta per tahun dengan populasi penduduk sebanyak 1,8 juta jiwa.


3.Negara TERluas di DUNIA !!!

RUSIA



Rusia adalah semi-presidensial, yang terdiri dari 83 subyek federal. Negara ini berbatasan dengan negara-negara berikut (dari barat laut ke tenggara): Norwegia, Finlandia, Estonia, Latvia, Lithuania, Polandia, Belarusia, Ukraina, Georgia, Azerbaijan, Kazakhstan, Cina, Mongolia dan Demokratik People’s Republic of Korea. Juga memiliki batas maritim dengan Jepang (oleh Laut Okhotsk) dan Amerika Serikat (oleh Selat Bering). Pada 17.075.400 kilometer persegi (6.592.800 mile²), Rusia sejauh ini adalah negara terbesar di dunia, mencakup lebih dari seperdelapan dari luas daratan bumi, dengan 142 juta jiwa penduduk, itu merupakan populasi terbesar kesembilan dunia. Rusia meluas ke seluruh bagian utara Asia dan 40% dari Eropa, yang mencakup 11 zona waktu, dan menggabungkan berbagai lingkungan dan bentang alam. Rusia memiliki cadangan terbesar mineral dan sumber daya energi, dan bisa juga disebut negara superpower. Rusia memiliki energi terbesar di dunia, cadangan hutan dan danau-danau berisi kira-kira seperempat kuantitas dari air tawar seluruh dunia.


4.Negara TER Kecil di DUNIA !!!

SEALAND


Sealand adalah sebuah wilayah yang terletak sekitar 10 Km pesisir pantai Sulffolk,Inggris,pada titik Koordinat 51 “53’40″ LU,1″28’57″ BT”.Statusnya sendiri adalah negara Mikro (Penduduknya sendiri mengakui wilayah tsb adalah sebuah negara yang merdeka,tapi tidak diakui sebagai negara oleh negara lainnya).Uniknya,Negara ini wilayahnya cuma mencakup Roughs Tower saja,yang notabene hanya mempunyai luas hanya 550 m² saja,benar-benar ngara terkecil ya..hihihi
Penduduknya sendiri aja sekarang cuma tinggal seorang saja,yaitu Michael Bates,yang merangkap sebagi penduduk satu-satunya sekaligus sebagai Kepala Pemerintahan,weqs,sarap ni anak.. Sealand sendiri berhasil di deklarasikan pada 2 September 1967, namun nggak ada satu negara manapun yang mau mengakuinya sebagai sebuah negara merdeka,kasian ya (padahal klo sudah diakui,pasti deh merupakan Negara terkecil di Dunia ,ngalahin Vatican).Raja pertamanaya adalah Paddy Roy Bates,yang Bergelar Pangeran Roy Bates,wuihhh mantap bener gelarnya.Sedangkan istrinya menjadi selir dengan gelar Putri Joan Bates,trus Kepala Pemerintahannya anaknya sendiri,Michael Bates (Benar-benar Keluarga yang aneh).
Sejarahnya dulu,Tower Rough merupakan sebuah menara tua yang dulu digunakan sebagai pertahanan para angkatan Laut Kerajaan Inggris Raya di sekitar pesisir pantai Sulffolk pada radius 12 nautical-mile.
Nama Negara : Principality of Sealand
Bahasa resmi : Inggris
Luas Wilayah : 550 m²
Raja : Pangeran Roy Bates
Kepala Pemerintahan : Putra Mahkota Michael Bates
Jumlah Penduduk : satu orang (Michael Bates,2002)

5.Negara TERkaya di DUNIA !!!

AMERIKA SERIKAT
Amerika Serikat merupakan negara terkaya di dunia dengan GDP mencapai US$ 12,46 triliun. Nih wajar aj nih negara bisa jadi SuperPower,,tuh karena GDP-nya yang ajiiib

6.Negara TERmiskin di DUNIA

MALAWI


Location: Southern Africa, east of Zambia
Population: 13,603,181
GDP per capita: $600 (2006 est.)
kasian amat pendapatannya gk sampe 10 juta/tahun
huhu

7.Negara Termaju Didunia 

NORWEGIA
Norwegia memiliki tingkat pengangguran yang rendah. Dengan angka harapan hidup yang mencapai 80,2 tahun.

8.Negara TERbanyak penduduk di DUNIA
CHINA
China merupakan negara yang penduduknya paling banyak di dunia, pada penghujung tahun 2002, jumlah penduduk di China berjumlah sebilion 284 juta 530 ribu orang (angka itu tidak meliputi penduduk di Wilayah Pentadbiran Khas Hong Kong, Wilayah Pentadbiran Khas Makau dan Provinsi Taiwan), kira-kira menduduki 1/5 jumlah penduduk di dunia. China juga merupakan salah satu negara yang kepadatan penduduk tinggi di dunia (kepadatan penduduk purata mencatat kira-kira 135orang/kilometer persegi). Taburan penduduk juga tidak seimbang di China, penduduk ramai di bahagian timur dan berkurangan di bahagian barat; penduduk padat di kawasan sepanjang pantai di bahagian timur, melebihi 400 orang setiap kilometer persegi; angka itu mencatat lebih 200 orang setiap kilometer persegi di bahagian tengah; penduduk di kawasan dataran tinggi di bahagian barat berkurangan dengan tidak mencukupi 10 orang setiap kilometer persegi. Pada masa ini, umur jangkaan penduduk China purata meningkat kepada 71.40 tahun (antaranya umur lelaki 69.63 tahun, umur wanita 73.33 tahun), lebih tinggi 5 tahun daripada umur purata di dunia, lebih tinggi 7 tahun berbanding dengan negara dan kawasan membangun, akan tetapi lebih rendah 5 tahun berbanding dengan negara dan kawasan maju. Pada tahun 2002, kadar peningkatan penduduk China terus menurun, jumlah penduduk di Tanah Besar pada penghujung tahun 2002 mencatat sebilion 284 juta 530 ribu orang. Antaranya, jumlah penduduk di bandar dan pekan berjumlah 502 juta 120 ribu orang, menduduki 39.1%; jumlah penduduk di desa berjumlah 782 juta 410 ribu orang, menduduki 60.9%. Jumlah lelaki di China mencatat 661 juta 150 ribu orang, jumlah wanita mencatat 623 juta 380 ribu orang. Nisbah penduduk dari umur 0 hingga umur 14 tahun mencatat 22.4%, nisbah penduduk dari umur 15 hingga umur 64 mencatat 70.3%, nisbah warga tua yang berumur 65 tahun ke atas mencatat 7.3% dengan warga tua berjumlah 93 juta 770 ribu orang. Penduduk yang dilahir di seluruh negara pada tahun 2002 berjumlah 16 juta 470 ribu orang, kadar kelahiran mencatat 12.86‰; jumlah kematian mencatat 8 juta 210 ribu orang, kadar kematian mencatat 6.41‰; penduduk meningkat 8 juta 260 ribu orang seluruh tahun 2002, kadar peningkatan penduduk mencatat 6.45‰.

9.Negara Terbersih 
Switzerland 






 

10.Negara Terpolusi

Ukraine


Ketika reaktor Chernobyl meledak pada 26 April 1986, kerusakan menghasilkan 100 kali lebih banyak radiasi ke udara daripada dampak bom nukli Hiroshima dan Nagasaki. Saat ini zona eksklusi 19-mi (km 30) disekitar reruntuhan masih ada, dan antara 1992 sampai 2002 lebih dari 4000 kasus kanker thyroid yang didiagnosa diantara Rusia, Ukraina dan Belarusia, anak-anak tinggal daerah buruk. Ini adalah kecelakaan pabrik yang terbesar didunia. Untungnya, ada usaha yang sedang dilakukan untuk mencegah radiasi lebih lanjut dari reruntuhan pembangkit tenaga nuklir. Jumlah orang yang berpotensi terkena dampak diperkirakan sebesar 5.5 juta orang, tetapi sekarang diperdebatkan.
Chernobyl, Ukraine


11.Negara Penghasil Emas Terbesar

RRC
RRC menghasilkan lebih dari 700 ton emas per tahun. Tambang emas utama RRC ada di Henan, Yunan dan Mongolia Dalam. RRC selain menjadi produsen emas terbesar juga menjadi konsumen emas terbesar dimana RRC telah menyimpan lebih kurang 2000 ton emas. RRC menjadi produsen emas nomor satu sejak tahun 2006 lalu.

12.Negara Penghasil Minyak Terbesar 
Saudi Arabia
Produksi minyak: 11,75 juta barel per hari
Kontribusi ke dunia: 13,24%
Ekspor harian ke AS: 1,42 juta barel 
Cadangan terbukti: 262,6 miliar barel 
  
13.Negara Kepulauan Terbesar
Indonesia




Walaupun bukan negara dengan pulau terbanyak tapi Republik Indonesia merupakan Negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 17.504 pulau, termasuk 9.634 pulau yang belum diberi nama dan 6.000 pulau yang tidak berpenghuni.

14. Negara dengan perairan terluas didunia
Indonesia



 Indonesia adalah Negara maritim terbesar di dunia dengan perairan seluas 93 ribu km2 dan panjang pantai sekitar 81 ribu km2 atau hampir 25% panjang pantai di dunia.


15.Negara dengan suku bangsa terbanyak di dunia 
INDONESIA 


Indonesia merupakan Negara dengan suku bangsa yang terbanyak di dunia. Terdapat lebih dari 740 suku bangsa/etnis, dimana di Papua saja terdapat 270 suku. Menggunakan 583 bahasa dan dialek dari 67 bahasa induk yang digunakan berbagai suku bangsa tersebut


16.Negara Produsen gas alam cair terbesar di dunia
Indonesia


Indonesia adalah penghasil gas alam cair (LNG) terbesar di dunia (20% dari suplai seluruh dunia) juga produsen timah terbesar kedua.



17.Negara Dengan Terumbu Karang terkaya di dunia
Indonesia


Indonesia memiliki Terumbu Karang (Coral Reef) terkaya di dunia (18% dari total dunia) dan memiliki species ikan hiu terbanyak di dunia (150 species).


18.Negara Penghasil cengkeh peringkat pertama 
Indonesia


 Indonesia menempati peringkat pertama dalam produk pertanian, yaitu cengkeh (cloves) & pala (nutmeg), serta peringkat kedua dalam karet alam (Natural Rubber) dan minyak sawit mentah (Crude Palm Oil).


19.Negara Pengekspor Kayu Lapis Terbesar Di Dunia
Indonesia




Indonesia adalah pengekspor terbesar kayu lapis (plywood), yaitu sekitar 80% di pasar dunia.


Kayu Lapis

20.  Negara yang memiliki biodiversity Anggrek terbesar didunia 
Indonesia



Indonesia memiliki biodiversity Anggrek terbesar didunia yaitu sekitar 6 ribu jenis anggrek, mulai dari yang terbesar (Anggrek Macan atau Grammatophyllum Speciosum) sampai yang terkecil (Taeniophyllum, yang tidak berdaun), termasuk Anggrek Hitam yang langka dan hanya terdapat di Papua.


21.Negara Dengan hutan bakau terbesar di dunia
Indonesia


Memiliki hutan bakau terbesar di dunia. Tanaman ini bermanfaat ntuk mencegah pengikisan oleh air laut atau abrasi pantai.

Sebenarnya dari sekian kekayaan alam di Indonesia masih banyak lagi kekayaan alam yang belum terungkap oleh publik dan masih menjadi rahasia orang tertentu saja. Semoga aja dengan banyaknya kekayaan alam yang melimpah ini dapat menyejahterkan rakyat yang hingga kini belum dapat menyjahterkannya. 

22. Negara Dengan Militer Terbanyak
China



Tentara aktif                  :  2.285.000   personil
Cadangan                    : 510.000        Personil
Paramiliter                   : 660.000       Personil
Total                              : 3.455.000   Personil

23. Negara Dengan Pulau Terbanyak
Finlandia (179.584 Pulau)
(b. Finlandia: Suomen tasavalta, b. Swedia: Republiken Finland) adalah sebuah negara Skandinavia yang juga termasuk negara Nordik. Karena terletak di Eropa Utara, Finlandia menjadi anggota dari Uni Eropa. Finlandia memiliki perbatasan darat dengan Swedia, Norwegia, dan Rusia sedangkan batas lautnya adalah Laut Baltik di barat daya, Teluk Finlandia di selatan, dan Teluk Bothnia di barat.
Ibukota negara penghasil telepon genggam Nokia ini adalah Helsinki. Penduduknya sebesar lima juta jiwa mendiami lebih dari 330.000 km² sehingga negara ini terdapat dalam urutan ke-162 dalam kepadatan penduduk di dunia.

Finlandia adalah sebuah negara dengan ribuan danau dan pulau; 187.888 danau dan 179.584 pulau tepatnya. Salah satu danaunya, Saimaa, adalah yang ke-5 terbesar di Eropa. Bentuk tanah Finlandia kebanyakan datar dengan beberapa bukit dan titik tertingginya, Haltitunturi pada 1.328 m, berada di ujung utara Laplandia. Di samping banyak danau, lansekapnya juga didominasi oleh hutan pinus (sekitar 68% dari luas tanah) dan sedikit tanah subur.

Sebagian besar dari kepulauan ditemukan di barat daya, bagian dari kepulauan Ă…land, dan sepanjang tepi pantai selatan di Teluk Finlandia. Finlandia adalah salah satu dari sedikit negara di dunia yang tetap bertumbuh. Dikarenakan pengangkatan isostatik yang telah terjadi sejak zaman es terakhir, luas wilayah negara ini juga tumbuh sekitar 7 kilometer persegi setiap tahun.

Iklim di Finlandia Selatan adalah iklim menengah utara. Di Utara Finlandia, terutama di Laplandia, Finlandia, sebuah iklim subarktik mendominasi, dikarakterisasi dengan musim dingin yang sangat dingin dan musim panas yang hangat.

Seperempat dari wilayah Finlandia terletak di dalam Lingkaran Arktik, dan konsekuensinya Finlandia mengalami matahari tengah malam. Di titik paling utara Finlandia, matahari tidak terbenam selama 73 hari di waktu musim panas, dan tidak terbit untuk 51 hari dalam musim dingin.

1 comment:

  1. makasih yah atas informasinya, jangan lupa kunjungi blog aku juga.
    QUEENXXX92

    ReplyDelete

Update Score
Pertandingan
Sepakbola
Disini!
Share