Format Cells pada Microsoft Excel - Bagian 2


Pada sesi ini kita akan membahas beberapa kegunaan dari Format Cells lainnya.

Pertama, kita dapat menampilkan lambang Rupiah, Dollar dan mata uang lainnya dengan menggunakan menu “Currency” atau "Accounting". Kita akan coba dengan menampilkan lambang “Rp” dengan latihan berikut ini:

Pada cell A1 ketikkan ”5000”
Klik kanan pada cell A1 dan pilih Format Cells
Pilih menu Number>Accounting dan pilih Rp
Teman-teman bisa juga menggunakan Number>Currency dan pilih Rp, namun saya lebih suka menggunakan Accounting karena tampilan pada Excel akan terlihat lebih rapih. Untuk lebih jelas silahkan coba keduanya atau lihat gambar berikut ini:


Pada cell A1 dan A2 saya menggunakan pilihan “Accounting” dan pada cell B1 dan B2 menggunakan “Currency”.

Kedua, mengatur posisi text dalam cell.
Ketika memasukkan data baik itu angka maupun teks, posisi standar adalah berada pada bawah cell, jadi ketika kita melebarkan ukuran baris maka posisi teks akan tertarik ke bawah. Untuk mengatur posisi atau letak teks kita dapat menggunakan pilihan “Alignment”. Kita dapat mengatur posisi teks apakah di atas, tengah, bawah, kiri maupun kanan. Bahkan kita dapat merubah posisi teks menjadi vertikal/horizontal atau diagonal sesuai kebutuhan kita.

Pada menu ini juga terdapat ”Wrap Text”, ini berfungsi untuk mengatur agar teks yang panjang dapat menyesuaikan dengan ukuran cell seperti terlihat di bawah ini:



Pada cell A1 ”Aku Cinta Indonesia” namun menggunakan format standar, sedangkan pada cell B1 menggunakan format ”Wrap Text”.

Untuk pilihan Format Cells lainnya, silahkan teman-teman coba dan lakukan eksplorasi kegunaannya.

0 comments:

Update Score
Pertandingan
Sepakbola
Disini!
Share