Workbook (Lembar Kerja) & Worksheet pada Microsoft Excel 2007
Secara
teknis, sebuah dokumen excel biasa disebut dengan workbook (buku
kerja). Sebuah workbook umumnya memiliki beberapa worksheet (buku
kerja). Secara default sebuah workbook Excel memiliki 3 buah worksheet.
Setiap worksheet biasanya mewakili sebuah halaman dokumen. Beberapa
dokumen/worksheet yang saling berhubungan dapat anda kelompokkan menjadi
sebuah workbook. Hal ini dapat membantu anda mengklasifikasikan dokumen sesuai dengan keperluan.
Sebuah
worksheet memiliki tampilan sama seperti table dalam Ms.Word, tetapi
dengan kemampuan perhitungan yang lebih komplit dibandingkan kemampuan
dari table Ms.Word. Sebuah workbook baru terdiri dari 3 buah worksheet
yang diberi nama Sheet1, Sheet2 dan Sheet3. Ketika anda menekan tab
worksheet, Excel akan menampilkan isi dari Worksheet yang bersangkutan.
Selengkapnya tentang lembar kerja atau tampilan antarmuka Excel 2007 ditunjukkan pada gambar berikut:
Selengkapnya tentang lembar kerja atau tampilan antarmuka Excel 2007 ditunjukkan pada gambar berikut:
Cara Menambahkan Workbook Ms. Excel 2007
Cara 1:
- Klik Office Button yang terletak pada pojok kiri atas dokumen.
- Pilih New.
- Pada kotak dialog yang muncul pilih Blank Workbook.
- Klik Create
Cara 2:
- Tekan tombol Ctrl bersamaan dengan tombol N (Ctrl+N) pada keyboard.
Cara Menambahkan Worksheet Ms. Excel 2007
Cara 1:
Tekan tab Insert Worksheet yang terletak disebelah kanan Sheet3.
Cara 2:
Tekan tombol Shift+F11 pada keyboard.
Cara 3:
- Klik kanan pada salah satu tab worksheet
- Pilih Insert
- Pada kotak dialog yang muncul pilih Worksheet
- Klik OK.
Cara Mengganti Nama Worksheet
Cara 1:
- Klik kanan tab worksheet yang akan diganti namanya
- Pilih Rename.
- Ketikkan nama baru.
Cara 2:
- Klik 2 kali tab worksheet yang akan diganti namanya
- Ketikkan nama baru
- Klik kanan tab worksheet yang akan dihapus
- Pilih Delete
Cara Membuka Workbook Microsoft Excel 2007
Cara 1:
- Klik Office Button.
- Pilih Open.
- Pada kotak dialog yang muncul pilih tempat penyimpanan workbook.
- Klik Open
Cara 2:
- Tekan tombol Ctrl+O pada keyboard.
- Pada kotak dialog yang muncul pilih tempat penyimpanan workbook.
- Klik Open
Cara Menyimpan Workbook
Cara 1:
- Klik Office Button.
- Pilih Save.
- Pada kotak dialog yang muncul pilih tempat penyimpanan workbook.
- Pada kotak isian file name isikan dengan nama yang diinginkan.
- Klik Save
Cara 2:
- Tekan tombol Ctrl+S pada keyboard.
- Pada kotak dialog yang muncul pilih tempat penyimpanan workbook.
- Pada kotak isian file name isikan dengan nama yang diinginkan.
- Klik Save
Cara Menutup Workbook Microsoft Excel 2007
Cara 1:
- Klik Office Button.
- Pilih Close.
Cara 2:
Klik tombol Close pada pojok kanan atas dokumen.
Cara 3:
Tekan tombol Ctrl+W pada keyboard.
0 comments: